Lomba Tahfidz Al Quran Tingkat SD-SMP Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Dalam meningkatkan dan menumbuhkembangkan minat anak belajar Al Quran, Disdikbud Kota Banda Aceh menggelar Lomba Tahfidz Al Quran Tingkat SD-SMP yang bertemakan “Membumikan Al Quran, Menuju Generasi Berkarakter Gemilang” yang diadakan di Mesjid  Besar Syuhada Lam Gugob (26/11/2018).

Adapun tujuan diadakannya lomba tersebut menurut ketua panitia, Saminan, bahwa lomba tersebut akan memberikan efek besar dan berjangka panjang bagi anak. “Tahfidz merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat anak dan tentunya akan memperbaiki akhlak anak di kemudian hari”, ungkapnya.

Walikota Banda Aceh, Aminullah, menyambut baik perlombaan tersebut dan terlebih lagi tahfidz serta pembelajaran Al Quran sangat penting bagi masa depan anak guna diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Tahfidz bagi anak sangat penting karena bisa mengenalkan dan menumbuhkembangkan minat anak belajar Al Quran dan mengimplementasikan Al Quran dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari”, tuturnya.

Beliau juga berharap agar lomba tahfidz Al Quran menjadi agenda tahunan Disdikbud Kota Banda Aceh dan juga untuk para peserta lomba agar bersungguh-sungguh guna mengasah kemampuan untuk meraih prestasi terbaik.

Adapun peserta yang mengikuti lomba berjumlah 511 peserta. Jenjang SD 3 katagori lomba yaitu Katagori 1 Juz berjumlah 384 peserta, 2 Juz berjumlah 22 peserta, dan 3 Juz berjumlah 7 peserta. Sedangkan jenjang SMP 3 Katagori lomba yaitu 2 Juz berjumlah 86 peserta, 3 Juz berjumlah 7 peserta, dan 5 Juz berjumlah 5 peserta.