Resmi Dibuka, Lomba Tahfidz Al Quran Jenjang SD Dan SMP Se Kota Banda Aceh Tahun 2019

Banda Aceh – Lomba tahfidz Al-Quran jenjang SD dan SMP se Kota Banda Aceh telah resmi dibuka oleh Wakil Walikota Banda Aceh, Drs. H. Zainal Arifin, di Areal Masjid Baitussalihin Ulee Kareng (05/11/2019) yang ditandai dengan penekanan sirine bersama Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Kepala Badan Dayah Kota Banda Aceh, Ketua MPD, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, dan dari unsur muspika Banda Aceh.

Lomba tahfidz Al Quran jenjang SD dan SMP tahun ini  bertemakan “Seribu Tahfidz Quran Untuk Kota Gemilang” yang diikuti oleh 689 siswa/i. Yang terdiri dari 525 siswa/i SD dan 164 siswa/i SMP se Kota Banda Aceh.

Adapun tujuan diadakannya lomba tersebut menurut ketua panitia, Saminan, bahwa lomba tersebut untuk melihat kecerdasan anak. “Tahfidz merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat anak dan tentunya akan memperbaiki akhlak anak di kemudian hari”, ungkapnya.

Wakil Walikota Banda Aceh, Drs. H. Zainal Arifin, mengatakan kekagumannya terhadap tahfidz Al-Qur’an yang sangat jauh dari pengaruh narkoba. “Memang belum pernah saya teliti dan mungkin belum pernah diteliti, tapi belum pernah saya temui tahfidz itu terjerat dengan barang haram narkoba,” sebutnya.

Beliau juga sangat mengharapkan kedepannya di setiap mesjid di Kota Banda Aceh akan diisi oleh para tahfidz yang berasal dari Kota Banda Aceh. “Sudah kita maklumi bersama bahwa selama ini mesjid-mesjid di Kota Banda Aceh masih didominasi oleh tahfidz dari luar kota, namun kedepannya kita mengharapkan mesjid-mesjid tersebut akan diisi oleh tahfidz kita sendiri,” harapnya.

Kategori lomba yang diperlombakan diantaranya untuk jenjang SD adalah tahfidz 1, 2, dan 3 juz. Sedangkan untuk kategori lomba jenjang SMP adalah tahfidz 2, 3, dan 5 juz. Lomba dilaksanakan dari tanggal 5 – 12 November 2019.