FLS2N Jenjang SD Tingkat Kota Banda Aceh 2024

Berita Apr 25, 2024

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh kembali menyelenggarakan kegiatan seleksi FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) 2024 jenjang SD tingkat Kota Banda Aceh yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh di Aula Tekkomdik Banda Aceh (25/04/2024).

Zulfani MJ S.Pd M.Si selaku ketua panitia menyebutkan kegiatan ini berlangsung secara luring selama dua hari kedepan (25-26 April 2024).

Kepala Disdikbud Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri S.Pd M.Pd dalam sambutannya mengingatkan kepada kepala sekolah bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar acara tahunan, tetapi harus menjadi ajang pencarian talenta berbakat yang akan mewakili dan mengharumkan nama Kota Banda Aceh nantinya.

Ia juga menambahkan jika target utama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh bukan hanya untuk meraih kemenangan di tingkat provinsi maupun nasional, tetapi untuk memompa kreativitas siswa di sekolah secara berkelanjutan.

Kadisdikbud juga mengharapkan agar juri bebas menilai siswa yang dinilai betul-betul siap dan mampu untuk mewakili Kota Banda Aceh ke tingkat Provinsi Aceh tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Cabang yang dilombakan ada enam cabang diantaranya
– Menyanyi Solo diikuti 16 peserta
– Seni Tari diikuti 13 tim
– Gambar Bercerita diikuti 23 peserta
– Pantomim diikuti 10 tim, dan
– Kriya diikuti 7 peserta.

Dari hasil seleksi ini akan diambil dua terbaik masing-masing cabang lomba untuk mewakili Kota Banda Aceh di tingkat Provinsi Aceh.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, FLS2N adalah sebuah ajang talenta di bidang seni budaya bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar, menengah, dan SLB (Sekolah Luar Biasa). Ajang FLS2N ini diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi di Indonesia.

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.