Pesan Pj Wali Kota Saat Lantik Sejumlah Kepala Sekolah

Jan 4, 2024 Berita

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin melantik 12 Kepala Sekolah yang terdiri dari Kepala TK, SD dan SMP.

Pelantikan dilakukan Rabu (3/1/2024) di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh.

Turut hadir menyaksikan prosesi pelantikan Pj Sekdakota Wahyudi, Kadisdikbud Sulaiman Bakri, Kepala BKPSDM T Syahluna Polem dan sejumlah pejabat jajaran pemko lainnya.

Adapun kepala sekolah yang dilantik adalah 10 orang Kepala SD, 1 Kepala TK dan 1 Kepala SMP.

Dalam sambutannya, Amiruddin menyampaikan paradigma pendidikan saat ini menawarkan begitu banyak program, utamanya dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi dimana program-program tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan profil pelajar beriman, bertaqwa, berakhlak, mandiri dan kreatif.

Kata Amiruddin, pendidikan saat ini merupakan kebutuhan mendasar yang sangat kompleks. Ia mengingatkan para kepala sekolah yang dilantik merupakan garda terdepan yang selalu dituntut untuk mampu menjadi agen perubahan bagi ekosistem di lingkungan sekolah.
“Sebagai kepala sekolah, saudara-saudara harus memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, supervisi, evaluasi pendidikan dan pengembangan sosial,” kata Amiruddin.

Karenanya ia meminta kepada kepala sekolah yang dilantik dapat segera beradaptasi di tempat tugas yang baru, dengan lingkungan sekitar dan membuat langkah-langkah nyata menuju ke arah yang lebih baik.

Selain itu, kata Amiruddin seorang kepala sekolah juga memiliki tugas sebagai pemimpin di bidang pembelajaran, pengembangan kurikulum, di bidang administrasi staf dan kesiswaan, hubungan masyarakat serta menjadi teladan dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah masing-masing.

Lebih dari itu, Amiruddin berpesan agar mereka dapat memastikan anak usia sekolah di lingkungannya dapat difasilitasi pendidikannya untuk meningkatkan angka harapan sekolah di Kota Banda Aceh.

Ia kemudian menyinggung soal pekerjaan rumah yang dihadapi Pemko saat ini, salah satunya bagaiman mendorong guru di Banda Aceh untuk terus meningkatkan kompetensi diri yang nanti akan berdampak pada lingkungan belajar dan berdampak pula pada kualitas peserta didik.

Di akhir sambutan, Amiruddin mengucapkan selamat bekerja dan dirinya bersama masyarakat kota akan menunggu kerja nyata dan prestasi para kepala sekolah yang baru dilantik.
“Selamat bekerja, mari sama-sama kita wujudkan pendidikan yang lebih baik di Kota Banda Aceh,” tutup Amiruddin. (bandaacehkota.go.id)