Pelajar Kota Banda Aceh Ukir Prestasi Nasional

Berita Aug 18, 2022

Banda Aceh – Sejumlah pelajar Kota Banda Aceh, baik SD maupun SMP berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Dalam perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022, pelajar dari ibukota Provinsi Aceh itu meraih medali.

Prestasi terbaik pelajar Banda Aceh di kompetisi yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu di apresiasi Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq. Ia pun menyampaikan terima kasih atas torehan prestasi di kancah nasional itu.

“Toreh terus prestasi dan harumkan nama Banda Aceh di tingkat nasional,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri, menjelaskan pelajar jenjang SMP yang berhasil mendapatkan prestasi pada OSN 2022 yaitu Nabila Fahirah dari SMP-IT Nurul Ishlah yang meraih medali perak cabang lomba IPA, dan jenjang SD Rania Qisya dari SD Negeri 26 Banda Aceh meraih juara harapan (urutan ke-8) OSN cabang lomba Matematika.

Pelajar Banda Aceh lain yang mengukir prestasi di tingkat nasional dalam kompetisi OSN yang diselenggarakan oleh PT Jenius Sains Indonesia, yaitu Dinara Athalia Muliana dari SMP Negeri 6 meraih medali emas cabang lomba Bahasa Inggris. Kemudian, Michelle Xieren dari SMP Methodist Banda Aceh meraih medali emas cabang Bahasa Inggris dan medali perunggu cabang lomba IPA.

Berikutnya, Dinda Maulina dari SMP Negeri 18 meraih medali perak cabang lomba IPA Kompetisi Olimpiade Siswa Indonesia yang diselenggarakan oleh LKP ASTIKOM.

Selain OSN, pelajar Banda Aceh juga mengikuti kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diselenggarakan ileh Kemendikbudristek yang berhasil mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional. Adapun pelajar yang membanggakan tersebut adalah Shinta Yudhi Kumara dari SMP Negeri 3 Banda Aceh untuk lomba karate kategori Kata Perorangan Putri, dan Permana Dwi Kusuma Satria Winata dari SD Negeri 3 Banda Aceh untuk cabang lomba Karate Kata Perorangan Putra. Semoga kedua siswa tersebut berhasil meraih medali emas pada tingkat nasional.

Selanjutnya, T Zena Fadilah dari SMP Negeri 18 juga berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Nasiona; V cabang Hapkido di Padang, Sumatera Barat.

Untuk bidang Literasi, siswa-siswi Banda Aceh juga semakin berkiprah dan membuktikan bakat minat meraka sebagai penulis. Pada ajang Festival Hari Buku Nasional tahun 2022 yang diselenggarakan oleh IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) dan Media Guru, 2 siswa Banda Aceh sekaligus dari Aceh berhasil meraih juara sebagai 50 penulis terbaik Indonesia untuk kalangan pelajar.

Siswa hebat tersebut adalah Syifa Fidhia dari SMP Negeri 18 Banda Aceh dengan karya tulis berjudul “Buku Adalah Sahabat Terbaikku”, dan Kayla Edra dari SMP Negeri 6 Banda ACeh dengan karya tulis berjudul “Jika Buku Tidak Pernah Ada di Dunia Ini”.