SMP Kota Banda Aceh 100% Melaksanakan UNBK

Berita May 2, 2017

BANDA ACEH – Dalam tahun ini  Kota Banda Aceh telah mencapai angka 100 persen dalam penyelenggaraan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk tingkat SMP (02/05/2017). Dimana seluruh SMP Kota Banda Aceh telah menggunakan komputer untuk pelaksanaan UN (Ujian Nasional) sedangkan untuk tingkat MTs masih menggunakan sistem kertas.

Walikota Banda Aceh, Ibu Illiza, menyebutkan tidak ada kendala dalam penyelenggaraan UNBK di Banda Aceh karena telah didukung fasilitas memadai baik berupa perangkat komputer maupun jaringan internetnya. “Persiapan anak didik kita juga sudah cukup baik. Semua fasilitas pendukung termasuk genset untuk mengantisipasi listrik padam juga disiagakan di setiap sekolah,” ungkapnya.

Sementara untuk tingkat MTsN, masih melakukan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). “Oleh karena itu, Pemerintah Banda Aceh berharap mulai tahun 2018 semua MTsN di Banda Aceh sudah melaksanakan UNBK,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Bapak Syaridin, mengatakan jumlah sekolah yang mengikuti UN setingkat SMP di Banda Aceh sebanyak 41 sekolah, terdiri dari 31 SMP Negeri dan Swasta serta 10 MTS baik negeri maupun peserta. Sementara jumlah peserta UN  4.347 peserta terdiri dari 3.647 dari SMP dan 1.336 peserta dari MTS. “Untuk SMP sudah 100 persen berbasis komputer, sedangkan MTS belum, dan janjinya mulai tahun depan semuanya sudah berbasis komputer, kita juga terus mendukung dan mendorong ini,” ujarnya.