Banda Aceh – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Banda Aceh melaksanakan pelatihan public speaking dan sosialisasi bahaya narkoba kepada siswa SMP se-Kota Banda Aceh. Kepala sekolah SMPN 6 Banda Aceh,  Syarifah Nargis, S. Ag. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang mengusung tema “Raih Prestasi, Percaya diri tanpa Narkoba” ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 November  2021 yang bertempat di Aula SMP Negeri 6 Banda Aceh.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya sekolah untuk mewujudkan siswa yang terampil dan cakap berbicara, serta mengetahui  bahaya narkoba,” ujar Syarifah Nargis dalam sambutannya, di Banda Aceh, Kamis (11/11/2021). Syarifah Nargis menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan public speaking tersebut untuk meningkatkan keterampilan siswa SMP dalam berkomunikasi efektif dan etika dalam berkomunikasi, dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Dr. Syaifullah Muhammad, ST. M.Eng .

Syarifah Nargis juga menuturkan, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Penyuluhan ini perlu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa sebagai generasi muda yang cukup rentan dipengaruhi barang haram tersebut. “Kita berharap, dengan sosialisasi ini bisa membuat mereka paham akan bahayanya narkoba sehingga ke depan mereka bisa terus terhindar dari penyalahgunaan narkotika dan masa depan siswa terselamatkan,” ungkapnya.

Syarifah Nargis juga mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh, Aceh Australian Alumni, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh. Acara tersebut  dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Sulaiman Bakri, S.Pd, M.Pd

Dalam sambutannya, Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat positif. “Kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif yang memberikan semangat belajar siswa-siswi untuk terus menggali potensi diri”. Kadisdikbud juga memberikan apresiasi kepada SMPN 6 Banda Aceh atas inisiatif melaksanaan acara tersebut.

Dalam paparan materinya, Dr. Syaifullah Muhammad, S.T, M.Eng. menyatakan bahwa setiap orang itu unik dan memiliki potensi.  Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya. Materi dipaparkan dengan cara menyenangkan dan  dikuti dengan sangat antusias oleh semua peserta bahkan banyak peserta yang berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan dapat diikuti oleh lebih peserta dari seluruh SMP di Kota Banda Aceh.

Dalam kegiatan ini,  siswa juga melakukan praktik berbicara dan tampil di publik dengan membawa tema beragam. Di akhir acara, panitia memberikan apresiasi kepada siswa-siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dan terfavorit. Juara terbaik 1 diraih oleh Puja Annisa dari SMPN 6 Banda Aceh, terbaik ke-2 diraih Dhea Oktaviani dari SMPN 17, dan juara terbaik ke-3 diberikan kepada Maula Muhammad dari SMPN 5. Apresiasi juga diberikan kepada Raisya Adila Safitri dari SMPN 6 Banda Aceh sebagai juara favorit 1, Bunga Reihanna dari SMPN 11 sebagai juara favorit 2, Syifa Ramadhani dari SMPN 2 sebagai juara favorit 3, Raudhatul Rayyan dari SMPN 6 sebagai juara favorit 4, serta Maya Safira dari SMPN 14 sebagai juara favorit 5.