Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh menggelar acara malam apresiasi dengan tema “Meraih Prestasi Gemilang Pulihkan Pendidikan” di Hotel Grand Syariah, Sabtu (15/01/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada guru dan siswa yang berhasil menjuarai berbagai kompetisi pada tahun 2021 baik tingkat nasional maupun internasional.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM dalam arahannya menyampaikan, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Disdikbud Kota Banda Aceh yang telah menjalankankan reward and recognition kepada guru dan siswa berprestasi pada tahun 2021.

“Saat kita semua sedang menghadapi cobaan Allah Swt yaitu serangan wabah Virus Covid-19, namun masih bisa membuktikan guru dan Siswa TK, SD, SMP se-Kota Banda Aceh meraih prestasi,” kata Aminullah.

Dikatakannya, Alhamdulillah kita berikan apresiasi semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi satuan pendidikan untuk terus meraih prestasi luar biasa di tahun-tahun mendatang sehingga menjadikan Banda Aceh semakin gemilang.

Aminullah menjelaskan, untuk saat ini Kota Banda Aceh sudah banyak mendapatkan penghargaan tingkat nasional dan internasional, terakhir tadi siang kita mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) yang memberi penilaian terhadap kinerja Pemerintahan Kota Banda Aceh.

“Hasilnya Kota Banda Aceh mendapat nilai 87,14 persen. Artinya Kota Gemilang berada diperingkat satu dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, atas pelaksanaan pencegahan terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,” ucapnya.

Penghargaan ini lanjutnya, semua kita dapatkan atas kerja keras bapak dan ibu sekalian dari berbagai OPD dibawah Komando Amin-Zainal (A-Z) termasuk Disdikbud yang turut menyumbang Nilai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
“Berdasarkan hasil Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang dirilis oleh Kemdikbud Ristek RI awal Oktober 2020, diperoleh capaian rapor mutu SD dan SMP Kota Banda Aceh 92,39 % (Baik Sekali),” ucap Aminullah.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi IV Bidangnya Pendidikan DPRK Banda Aceh, Tati Mutia Asmara SKH MSi, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada guru, siswa serta Disdikbud yang telah bekerja keras memajukan dan membawa nama baik dunia pendidikan Kota Banda Aceh tahun 2021.

Pada malam apresiasi itu turut hadir Ketua MPD Kota Banda Aceh, Salman Ishak, Sekretaris BKPSDM, Sekretaris Dinas Pedidikan Dayah, Kepala Sekolah jenjang PAUD, SD, dan SMP, serta para guru dan siswa berprestasi.
Sementara itu Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri MPd ikut didampingi Sekdis Taufik SE dan seluruh Kepala Bidang menjelaskan apresiasi yang diberikan tahun 2021 ini adalah para guru dan siswa yang mengukir prestasi dari berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Sulaiman menyampaikan, masing-masing juara memperoleh hadiah juara satu Nasional Rp 2 juta, juara dua Nasional Rp 1,5 juta, juara tiga Nasional Rp 1 juta. Sedangkan untuk Juara Internasional juga mendapat penghargaan Rp 2 juta.

“Insya Allah pada tahun 2022 ini prestasi yang diraih pada tingkat provinsi pun juga akan diberikan apresiasi,” ujar Sulaiman.

Lebih lanjut Kadisdikbud menjelaskan, adapun prestasi siswa pada tahun 2021 yang mendapatkan apresiasi terdiri dari juara 1 nasional sebanyak 9 orang siswa, juara 2 nasional sebanyak 7 orang siswa, juara 3 nasional sebanyak 15 orang siswa, Juara 3 internasional sebanyak 3 orang siswa, juara 2 internasional sebanyak 1 orang siswa.
Sedangkan prestasi guru terdiri dari 2 orang juara 1 nasional, 2 orang juara 2 nasional, 3 orang juara 3 nasional, dan 1 orang guru inspiratif nasional.

“Ucapan terima kasih kepada panitia dan seluruh Keluarga Besar Disdikbud Kota Banda Aceh serta relasi kerja kami, PT. Penerbit Erlangga, Bank Mahirah Muamalah, Bank Aceh Syariah dan Artline atas supportnya,” tutup Sulaiman.
Pada malam apresiasi ikut ditampilkan berbagai pertunjukan seni tari dari siswa-siswi TK, SD dan SMP se-Kota Banda Aceh dengan penampilan kolosal yang spektakuler.