Banda Aceh – Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak adalah faktor pendorong dan penentu dalam pengembangan pendidikan inklusif di seluruh dunia. Mulai dari pengambilan keputusan mengenai penempatan sekolah, hingga kolaborasi antara pihak sekolah/ guru dan orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.

Pentingnya peranan orangtua dalam pendidikan anak mengharuskan mereka untuk menjaga hubungan baik kepada pihak sekolah sebagai bentuk perhatian orangtua terhadap anak mereka agar orangtua tidak hanya sekedar memasrahkan segalanya kepada lembaga sekolah tetapi diharapkan sikap optimis, komunikasi, dan keterlibatan orangtua dengan pendidik sangat membantu terciptanya pendidikan inklusi.

Setelah serangkaian kegiatan pendidikan inklusif Diklat Program Sekolah Ramah Anak bagi Guru Sekolah Inklusi tahun 2021 ini kegiatan dilanjutkan dengan “Workshop Orangtua” sebagai upaya mendukung para orang tua untuk mengenal potensi anak dan ikut berperan penting untuk membangun sekolah dalam mempercepat pendidikan bermutu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa peran orang tua dan peran sekolah dalam kolaborasi ini menjadi hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan yang bermutu di Provinsi Aceh khususnya di Kota Banda Aceh. Hal ini disampaikan dalam pembukaan workshop bagi orang tua yang dipusatkan di SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, Kamis (18/11/2021).

Pembukaan workshop orang tua ini turut di hadiri oleh Tim PPPPTK TK PLB, Bandung, CEO Save Education Aceh, Aishah,S.Pd.,M.Pd, Kepala SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, Kepala SD Negeri 56, Kepala SD Negeri 25 Kota Banda Aceh dan 40 orang tua/wali peserta didik SD Negeri 20 Kota Banda Aceh.

Dengan adanya serangkaian program sekolah ramah anak yang mewadahi kolaborasi guru dan orang tua ini diharapkan mampu menjadi kekuatan besar untuk membangun sekolah yang ramah bagi semua anak dan tentunya menjadi cita-cita besar semua pihak demi terciptanya pelayanan pendidikan yang bermutu dan berdampak besar untuk masa depan bangsa.