Disdikbud Kota Banda Aceh Gelar Malam Apresiasi Meraih Prestasi Gemilang Pulihkan Pendidikan 2021

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh menggelar acara malam apresiasi dengan tema “Meraih Prestasi Gemilang Pulihkan Pendidikan” di Hotel Grand Syariah, Sabtu (15/01/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada guru dan siswa yang berhasil menjuarai berbagai kompetisi pada tahun 2021 baik tingkat nasional maupun internasional.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM dalam arahannya menyampaikan, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Disdikbud Kota Banda Aceh yang telah menjalankankan reward and recognition kepada guru dan siswa berprestasi pada tahun 2021.

“Saat kita semua sedang menghadapi cobaan Allah Swt yaitu serangan wabah Virus Covid-19, namun masih bisa membuktikan guru dan Siswa TK, SD, SMP se-Kota Banda Aceh meraih prestasi,” kata Aminullah.

Dikatakannya, Alhamdulillah kita berikan apresiasi semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi satuan pendidikan untuk terus meraih prestasi luar biasa di tahun-tahun mendatang sehingga menjadikan Banda Aceh semakin gemilang.

Aminullah menjelaskan, untuk saat ini Kota Banda Aceh sudah banyak mendapatkan penghargaan tingkat nasional dan internasional, terakhir tadi siang kita mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) yang memberi penilaian terhadap kinerja Pemerintahan Kota Banda Aceh.

“Hasilnya Kota Banda Aceh mendapat nilai 87,14 persen. Artinya Kota Gemilang berada diperingkat satu dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, atas pelaksanaan pencegahan terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,” ucapnya.

Penghargaan ini lanjutnya, semua kita dapatkan atas kerja keras bapak dan ibu sekalian dari berbagai OPD dibawah Komando Amin-Zainal (A-Z) termasuk Disdikbud yang turut menyumbang Nilai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
“Berdasarkan hasil Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang dirilis oleh Kemdikbud Ristek RI awal Oktober 2020, diperoleh capaian rapor mutu SD dan SMP Kota Banda Aceh 92,39 % (Baik Sekali),” ucap Aminullah.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi IV Bidangnya Pendidikan DPRK Banda Aceh, Tati Mutia Asmara SKH MSi, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada guru, siswa serta Disdikbud yang telah bekerja keras memajukan dan membawa nama baik dunia pendidikan Kota Banda Aceh tahun 2021.

Pada malam apresiasi itu turut hadir Ketua MPD Kota Banda Aceh, Salman Ishak, Sekretaris BKPSDM, Sekretaris Dinas Pedidikan Dayah, Kepala Sekolah jenjang PAUD, SD, dan SMP, serta para guru dan siswa berprestasi.
Sementara itu Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri MPd ikut didampingi Sekdis Taufik SE dan seluruh Kepala Bidang menjelaskan apresiasi yang diberikan tahun 2021 ini adalah para guru dan siswa yang mengukir prestasi dari berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Sulaiman menyampaikan, masing-masing juara memperoleh hadiah juara satu Nasional Rp 2 juta, juara dua Nasional Rp 1,5 juta, juara tiga Nasional Rp 1 juta. Sedangkan untuk Juara Internasional juga mendapat penghargaan Rp 2 juta.

“Insya Allah pada tahun 2022 ini prestasi yang diraih pada tingkat provinsi pun juga akan diberikan apresiasi,” ujar Sulaiman.

Lebih lanjut Kadisdikbud menjelaskan, adapun prestasi siswa pada tahun 2021 yang mendapatkan apresiasi terdiri dari juara 1 nasional sebanyak 9 orang siswa, juara 2 nasional sebanyak 7 orang siswa, juara 3 nasional sebanyak 15 orang siswa, Juara 3 internasional sebanyak 3 orang siswa, juara 2 internasional sebanyak 1 orang siswa.
Sedangkan prestasi guru terdiri dari 2 orang juara 1 nasional, 2 orang juara 2 nasional, 3 orang juara 3 nasional, dan 1 orang guru inspiratif nasional.

“Ucapan terima kasih kepada panitia dan seluruh Keluarga Besar Disdikbud Kota Banda Aceh serta relasi kerja kami, PT. Penerbit Erlangga, Bank Mahirah Muamalah, Bank Aceh Syariah dan Artline atas supportnya,” tutup Sulaiman.
Pada malam apresiasi ikut ditampilkan berbagai pertunjukan seni tari dari siswa-siswi TK, SD dan SMP se-Kota Banda Aceh dengan penampilan kolosal yang spektakuler.

Read More

Bimtek Penggunaan Aplikasi Sinan Sikula Bagi Operator Sekolah Jenjang SD Dan SMP

Banda Aceh – Kadisdikbud Kota Banda Aceh membuka Bimtek Aplikasi Sinan Sikula bagi 50 operator jenjang SD dan SMP di Hotel Rasamala tanggal 24 November 2021. Kegiatan yang sama akan digelar pada tanggal 1 Desember 2021 bagi kepala sekolah jenjang SD dan SMP.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Pembinaan SMP, Evi Susanti S.Pd M.Si dan staff serta Kabid GTK, Azila Oktavus SE, dan staff.

Dalam arahannya, Sulaiman Bakri S.Pd M.Pd, mengharapkan kepada seluruh operator yang mengikuti bimtek tersebut agar bisa mengimplementasikan dan mengajarkan guru di sekolah penggunaan aplikasi Sinan Sikula.

“Kami berharap setelah operator tahu penggunaan aplikasi Sinan Sikula ini, mohon guru yang di sekolah dibimbing sampai bisa penggunaan aplikasi tersebut”. Harapnya.

Adapun tujuan diadakan Bimtek tersebut selain untuk memudahkan atasan dalam pengaksesan data, juga untuk mendukung pengembangan Smart City di Kota Banda Aceh.

Read More

Kadis Dikbud Kota Banda Aceh Membuka Workshop Orangtua Program Sekolah Ramah Anak

Banda Aceh – Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak adalah faktor pendorong dan penentu dalam pengembangan pendidikan inklusif di seluruh dunia. Mulai dari pengambilan keputusan mengenai penempatan sekolah, hingga kolaborasi antara pihak sekolah/ guru dan orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.

Pentingnya peranan orangtua dalam pendidikan anak mengharuskan mereka untuk menjaga hubungan baik kepada pihak sekolah sebagai bentuk perhatian orangtua terhadap anak mereka agar orangtua tidak hanya sekedar memasrahkan segalanya kepada lembaga sekolah tetapi diharapkan sikap optimis, komunikasi, dan keterlibatan orangtua dengan pendidik sangat membantu terciptanya pendidikan inklusi.

Setelah serangkaian kegiatan pendidikan inklusif Diklat Program Sekolah Ramah Anak bagi Guru Sekolah Inklusi tahun 2021 ini kegiatan dilanjutkan dengan “Workshop Orangtua” sebagai upaya mendukung para orang tua untuk mengenal potensi anak dan ikut berperan penting untuk membangun sekolah dalam mempercepat pendidikan bermutu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa peran orang tua dan peran sekolah dalam kolaborasi ini menjadi hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan yang bermutu di Provinsi Aceh khususnya di Kota Banda Aceh. Hal ini disampaikan dalam pembukaan workshop bagi orang tua yang dipusatkan di SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, Kamis (18/11/2021).

Pembukaan workshop orang tua ini turut di hadiri oleh Tim PPPPTK TK PLB, Bandung, CEO Save Education Aceh, Aishah,S.Pd.,M.Pd, Kepala SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, Kepala SD Negeri 56, Kepala SD Negeri 25 Kota Banda Aceh dan 40 orang tua/wali peserta didik SD Negeri 20 Kota Banda Aceh.

Dengan adanya serangkaian program sekolah ramah anak yang mewadahi kolaborasi guru dan orang tua ini diharapkan mampu menjadi kekuatan besar untuk membangun sekolah yang ramah bagi semua anak dan tentunya menjadi cita-cita besar semua pihak demi terciptanya pelayanan pendidikan yang bermutu dan berdampak besar untuk masa depan bangsa.

Read More

Bunda PAUD Kota Banda Aceh Membuka Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Gampong

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh melalui bidang PAUD melaksanakan BIMTEK Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Gampong di Aula UPTD Tekkomdik (18/11/2021). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai 18 – 20 November 2021 yang diikuti oleh 90 Bunda PAUD Gampong Kota Banda Aceh.

Turut hadir Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Ny. Nurmiaty AR, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Ny Wardiati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri S.Pd M.Pd, Kabid Pembinaan PAUD, Drs Muhammad, dan Bunda PAUD Kecamatan.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Ny. Nurmiaty AR, sangat mengapresiasi pelaksanaan BIMTEK tersebut yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kreativitas bunda PAUD.

“Kami sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dengan melibatkan Bunda PAUD Gampong untuk meningkatkan PAUD berkualitas digampong masing-masing.” Tuturnya.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta BIMTEK agar dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi guna terwujudnya PAUD HI yang berkualitas.

“Pada kesempatan ini saya juga berharap agar pada BIMTEK ini, Bunda PAUD Gampong dapat mengembangkan kreativitas dan inovasinya, tidak saja hanya pada PAUD binaan, tetapi dapat dirangkul seluruh PAUD yang ada di gampong masing-masing sehingga terwujudnya PAUD HI yang berkualitas di Kota Banda Aceh”. Harapnya.

Read More

SMP Negeri 6 Banda Aceh Gelar Pelatihan Public Speaking Untuk Siswa SMP Se-Kota Banda Aceh dan Sosialisasi Bahaya Narkoba

Banda Aceh – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Banda Aceh melaksanakan pelatihan public speaking dan sosialisasi bahaya narkoba kepada siswa SMP se-Kota Banda Aceh. Kepala sekolah SMPN 6 Banda Aceh,  Syarifah Nargis, S. Ag. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang mengusung tema “Raih Prestasi, Percaya diri tanpa Narkoba” ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 November  2021 yang bertempat di Aula SMP Negeri 6 Banda Aceh.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya sekolah untuk mewujudkan siswa yang terampil dan cakap berbicara, serta mengetahui  bahaya narkoba,” ujar Syarifah Nargis dalam sambutannya, di Banda Aceh, Kamis (11/11/2021). Syarifah Nargis menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan public speaking tersebut untuk meningkatkan keterampilan siswa SMP dalam berkomunikasi efektif dan etika dalam berkomunikasi, dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Dr. Syaifullah Muhammad, ST. M.Eng .

Syarifah Nargis juga menuturkan, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Penyuluhan ini perlu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa sebagai generasi muda yang cukup rentan dipengaruhi barang haram tersebut. “Kita berharap, dengan sosialisasi ini bisa membuat mereka paham akan bahayanya narkoba sehingga ke depan mereka bisa terus terhindar dari penyalahgunaan narkotika dan masa depan siswa terselamatkan,” ungkapnya.

Syarifah Nargis juga mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh, Aceh Australian Alumni, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh. Acara tersebut  dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Sulaiman Bakri, S.Pd, M.Pd

Dalam sambutannya, Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat positif. “Kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif yang memberikan semangat belajar siswa-siswi untuk terus menggali potensi diri”. Kadisdikbud juga memberikan apresiasi kepada SMPN 6 Banda Aceh atas inisiatif melaksanaan acara tersebut.

Dalam paparan materinya, Dr. Syaifullah Muhammad, S.T, M.Eng. menyatakan bahwa setiap orang itu unik dan memiliki potensi.  Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya. Materi dipaparkan dengan cara menyenangkan dan  dikuti dengan sangat antusias oleh semua peserta bahkan banyak peserta yang berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan dapat diikuti oleh lebih peserta dari seluruh SMP di Kota Banda Aceh.

Dalam kegiatan ini,  siswa juga melakukan praktik berbicara dan tampil di publik dengan membawa tema beragam. Di akhir acara, panitia memberikan apresiasi kepada siswa-siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dan terfavorit. Juara terbaik 1 diraih oleh Puja Annisa dari SMPN 6 Banda Aceh, terbaik ke-2 diraih Dhea Oktaviani dari SMPN 17, dan juara terbaik ke-3 diberikan kepada Maula Muhammad dari SMPN 5. Apresiasi juga diberikan kepada Raisya Adila Safitri dari SMPN 6 Banda Aceh sebagai juara favorit 1, Bunga Reihanna dari SMPN 11 sebagai juara favorit 2, Syifa Ramadhani dari SMPN 2 sebagai juara favorit 3, Raudhatul Rayyan dari SMPN 6 sebagai juara favorit 4, serta Maya Safira dari SMPN 14 sebagai juara favorit 5.

Read More

Kadis Disdikbud Menutup Kegiatan Pemilihan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Dan Berdedikasi Jenjang TK, SD, Dan SMP Tingkat Kota Banda Aceh 2021

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri S. Pd, M. Pd, menutup kegiatan pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi jenjang TK, SD, dan SMP tingkat Kota Banda Aceh yang diselenggarakan di Hotel Grand Aceh (10/11/2021).

Dalam arahannya, Kadis Dikbud, mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan searah dengan visi dan misi Pemkot Banda Aceh guna memajukan pendidikan dalam bingkai syariah.

“Mari setelah acara ini kita sama-sama mengimplementasikan kecerdasan bapak/ibu dalam memajukan pendidikan dalam bingkai syariah di Kota Banda Aceh tercinta”. Ungkapnya.

Selain penyerahan hadiah bagi pemenang, Kadis Disdikbud juga menyerahkan apresiasi Pemkot Banda Aceh untuk 9 sekolah penggerak di Kota Banda Aceh. Adapun sekolah penggerak di Kota Banda Aceh terdiri dari 2 Taman Kanak-Kanak, 4 Sekolah Dasar, dan 3 Sekolah Menengah Pertama.

Daftar Pemenang Bisa dilihat di sini

Read More

Asisten I Membuka Kegiatan Pemilihan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Asisten I, Bapak Faisal M, S.STP, mewakili Walikota Banda Aceh membuka kegiatan Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi yang bertempat di Grand Aceh Hotel (08/11/2021). Kegiatan bergengsi tingkat Kota Banda Aceh tersebut menghadirkan juri nasional dari Kemdikbud Dr. Isda Pramuniati, M.Hum yang juga seorang dosen di UNIMED Medan, dan Direktur Pendidikan Prestige School Medan, Sabar Risdadi, S.s, M.Pd, serta 6 juri dari unsur Disdikbud Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 52 orang peserta yang terdiri dari pengawas SMP, kepala sekolah dan guru jenjang TK – SMP yang dilaksanakan mulai hari Senin 8 s.d 10 November 2021. Para pemenang akan mewakili Kota Banda Aceh pada ajang Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Provinsi.

Read More

WINGS Peduli Dan Yayasan Aceh Hijau Menyerahkan Hygiene Kit Ke SD Kota Banda Aceh Dan Sabang

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh dan Pemko Sabang menerima bantuan 147 paket Hygiene Kit yang diserahkan oleh Yayasan Aceh Hijau bekerjasama dengan WINGS Aceh bertempat di Aula Yayasan Aceh Hijau (05/11/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan UNICEF untuk Aceh, Bapak Eko Widodo, Dc Manager WINGS Aceh, Bapak Toni Mustika, Direktur Yayasan Aceh Hijau, Ibu Syarifah Marlina Almazhir, Kepala Sekolah jenjang SD, dan perwakilan Pemko Sabang.

Toni Mustika menuturkan, WINGS Aceh berkomitmen siap berkontribusi untuk masyarakat, khususnya Aceh. Bantuan Hygiene kit bertujuan memproteksi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Perwakilan UNICEF Aceh juga menjelaskan pihaknya memberikan dukungan kepada pemerintah dengan memfasilitasi pihak Yayasan Aceh Hijau/WINGS Aceh dengan Pemkot Banda Aceh dan Sabang dalam pemberian paket Hygiene Kit untuk 147 Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh dan Sabang.

“Komitmen kami terus mendampingi anak di Aceh khususnya dalam pengasuhan dan pendidikan.” Jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Bapak Sulaiman Bakri, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan merasa sangat terbantu dengan diberikannya bantuan tersebut. Dan ia juga mengharapkan kerjasama yang dijalin bisa terus berlanjut dimasa yang akan datang.

“Kami merasa sangat senang karena kebutuhan yang memang kami butuhkan disalurkan oleh Yayasan WINGS/Yayasan Aceh Hijau.
Kami juga mengharapkan kerjasama bisa terus terjalin dimasa yang akan datang.” Harapnya.

Read More

Pelajar Kota Banda Aceh Kembali Ukir Prestasi Tingkat Nasional, Wali Kota Beri Apresiasi Begini

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman, SE.Ak, MM mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada seluruh siswa-siswi SMP se-Kota Banda Aceh yang berhasil menjuarai perlombaan dari berbagai cabang lomba tingkat nasional tahun 2021.

“Anak-anak kami terus belajar dengan tekun. Mendapat juara ini jangan menjadikan anak-anak berpuas diri, karena masa depan kalian masih panjang,” ucap Wali Kota.

“Jadikan juara ini sebagai pondasi untuk memulai perjuangan demi menggapai cita-cita kalian.” ujar Aminullah Usman berpesan melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri, SPd, MPd menjelaskan, dari hasil pengumuman berbagai kompetisi yang telah diterima pihaknya, bahwa siswa Banda Aceh atas nama Zian Hafiz dari SMP Fatih Bilingual School (FBS) mendapatkan medali emas Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2021 Bidang Lomba IPA Terpadu Terintegrasi.

Selanjutnya, siswa atas nama Almas Shatha Mulia, Rajwa Azzahra, dan Keisya Aurelia Mahira, dari SMP T Nyak Arif Fatih Bilingual School juga berhasil mendapat juara satu Kompetisi Kuis Kihajar STEM Tingkat Nasional Tahun 2021 kategori Terkolaboratif.

“Kemudian, ada siswa kita dari SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh yang bernama M Raffi Auliandra, mendapat Peringkat Nasional Kompetisi GSI (Gala Siswa Indonesia), dan Ridho Ikbar Ghaniya yang mendapat juara satu Kejurnas Karate PPLP/PPLPD/SKO di Lampung,” beber Kadisdikbud.

Selanjutnya, siswa SMP Negeri 11 Kota Banda Aceh atas nama Tahta Irna Djulfah juga mengukir prestasi sebagai peringkat satu Seleksi Nasional Wadokai Karate Junior-U21 Kata Perorangan Putra di Palembang.

Ia melanjutkan, masih ada 2 cabang lomba lagi yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Kota Banda Aceh yang ditunggu hasilnya pada tahun 2021 ini.

Yaitu Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI).

“Semoga anak-anak kita mendapatkan hasil yang maksimal di kedua ajang tersebut,” ucapnya.

Sulaiman Bakri mengucapkan selamat dan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah bekerja keras memajukan pendidikan di Kota Gemilang ini, baik melalui program intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

“Insya Allah, nanti pada Malam Anugerah Disdikbud Kota Banda Aceh, akan kita berikan bonus dan penghargaan kepada siswa-siswi dari sekolah yang telah meraih prestasi tersebut,” pungkasnya. (aceh.tribunnews.com)

Read More

Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD 2021

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh menggelar Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD yang dilaksanakan di Aula UPTD Tekkomdik Kota Banda Aceh (03/11/2021).

Bimtek tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Bunda PAUD, Pokja PAUD, mitra PAUD dan SD, Komite PAUD dan SD, Pengawas sekolah, kepala sekolah PAUD dan SD, serta guru PAUD dan SD.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Kasi Kurikulum SD, komite sekolah SD dan PAUD, kepala sekolah SD dan PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri S.Pd, M.Pd, menjelaskan sekolah yang bermutu mempunyai target untuk peserta didiknya ketika melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

“Harus ada korelasi antar PAUD dan SD dalam mendidik siswa, yang mana lulusan PAUD bisa nyaman sekolah ke jenjang selanjutnya.” Ungkapnya.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh peserta agar terus meningkatkan kolaborasi pendidikan antar PAUD dan SD.

Read More